Wujud Kepedulian Terhadap Lingkungan, PKS Jember Launching Program Bank Sampah

Wujud Kepedulian Terhadap Lingkungan, PKS Jember Launching Program Bank Sampah

Share :

Jember – PKS Jember melalui Rumah Keluarga Indoneisa (RKI) launching program Bank Sampah “Amanah Sejahtera” di Dusun Babatan, Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro, Minggu (7/3). Peresmian Bank Sampah ini merupakan komitmen PKS dalam kepedulian terhadap permasalahan lingkungan sekaligus melakukan pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam pengolahan sampah.

Nuni Annisa, selaku Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) Dapil VI PKS jember menjelaskan, Bank Sampah merupakan salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan tata kelola sampah yang ada di Kabupaten jember sekaligus diharapkan kedepan dapat menjadi solusi peningkatan ekonomi kerakyatan di Kecamatan Semboro dan sekitarnya.

Nuni juga menjelaskan program ini sementara fokus pada sampah anorganik,  dimana selain merupakan jenis sampah yang sulit terurai dengan tanah, sampah anorganik paling banyak dihasilkan dalam aktivitas keseharian warga sekitar.

“Kita mulai dari sampah anorganik yang ternyata mendapat antusias luar biasa dari ibu-ibu karena bertepatan dengan momentum kebiasaan bersih-bersih warga menjelang bulan suci Ramadhan. Jika program ini berjalan dengan baik, kedepan kita juga akan merambah pada pengelolaan sampah organik,” kata dia.

Edukasi pengenalan program bank sampah juga dilakukan di Desa Sidodadi, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember. Melalui edukasi tersebut diharapkan masyarakat bisa semakin mendapat pengetahuan terkait pengelolaan lingkan maupun peluang pemberdayaan masyarakat.

“Edukasi tersebut dilakukan sebagai langkah awal dalam mengajak ibu-ibu beserta warga sekitar semakin cinta terhadap lingkungan. Pada kegiatan kali ini kita juga mengadakan bazar baju layak pakai yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat”, ujar Dyan Agustina selaku BPKK PKS Tempurejo.

Bagi warga yang ingin menabung dan berdonasi sampah dapat dilakukan pada hari Minggu pukul 15.30 – 17.00 WIB di posko Bank Sampah “Amanah Sejahtera”. Posko Bank Sampah “Amanah Sejahtera” berlokasi di Dusun Babatan, Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember. Jenis sampah yang dapat ditabung adalah gelas plastik, botol plastik, kertas/koran, dan kardus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *